twitter


KARANG TARUNA

        Salah satu contoh organisasi masyarakat yang saya ikuti adalah Karang  Taruna. Karang Taruna adalah suatu organisasi kepemudaan di Indonesia, mungkin di negara lain tidak mengenal istilah karang taruna. Karang taruna merupakan tempat anak muda berkumpul untuk melakukan berbagai hal atau kegiatan yang positif.
        Karang taruna tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari,oleh dan untuk masyarakat. Sebagai organisasi kepemudaan, karang taruna adalah organisasi pembinaan dan pengembangan kegiatan anak muda. 

     Kegiatan karang taruna di perkotaan sudah jarang di temui,tapi jika di pedesaan kegiatan karang taruna masih dibudidayakan. Jadi bukan hal yang aneh jika pemuda pedesaan lebih kompak daripada di perkotaan. Di pedesaan kegiatan karang taruna terus mengalami modernisasi dengan dana dan fasilitas uang minin karang taruna di pedesaan lebih atraktif dalam menyajikan kegiatannya. 
      Karang taruna akan membuat pemuda lebih produktif potensinya. Sebagai organisasi kepemudaan, karang taruna berpedoman pada aturan yang dibuat oleh masyarakat. Di organisasi karang taruna ada struktur pengurus jadi tidak bisa sewenang-wenang. Mas jabatan diatur oleh RT sampai Kelurahan. Semua ini dilakukan dengan wujud daripada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi karang taruna baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.
      Karang taruna bertujuan untuk membangun kekompakan dan keaktifan warga daerahnya terutama bagi para pemuda-pemudinya serta meningkatkan keberdayaan ekonomi menengah dengan memberikan peluang yang lebih produktif dan prodresif agar mampu mendukung peningkatan daya beli masyarakat dan pengembangan dinamisasi kehidupan perekonomian masyarakat secara umum.
       Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang diakukan oleh karang taruna,seperti melakukan kegiatan agar menambah wawasan. Seperti halnya: 
  • Kerja Bakti Sosial
     Serangkaian kegiatan yang dilakukan para karang taruna antara lain yaitu bersih-bersih desa atau biasa di sebut "Gladi Bersih". Tujuan diadakan kegiatan ini adalah selain untuk menjalin silaturahmi kekompakan dan keaktifan warga,juga untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Kegiatan besih-bersih ini menjadi sangat unik karena mengingatkan anak-anak untuk lebih peduli pada kebersihan lingkungan. 
     Mereka juga dapat menanam pepohonan ataupun tanaman pelindung agar menjadikan lingkungan menjadi lebih sejuk dan serasi.Ada juga yang membersihkan saluran air agar tetap mengalir lancar dan bau sampah tidak mengganggu bersihnya lingkungan.

  • Posyandu
    Para karang taruna juga membuat kegiatan Posyandu,kegiatan ini berlaku untuk balita,dewasa dan lansia. Sebagai tanda kepedulian para remaja terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Kegiatan ini bekerja sama dengan bidan desa yang ada di desa tersebut. 
     Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta pemuda dalam kegiatan sosial khususnya pembangunan masyarakat.


  • Pengajian
     Kegiatan pengajian karang taruna merupakan salah satu kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh sekelompok anak muda yang penanggung jawabnya adalah seorang ketua RW. 
     Tujuan dari kegiatan ini adalah masyarakat atau anak muda dapat memberikan dampak yang positif dan bermanfaat untuk merubah diri atau memperbaiki diri dari perbuatan keji dan mungkar.Kegiatan ini tidak mengenal usia berapa pun,artinya siapapun yang ingin mengenal yang Maha Kuasa dapat belajar bersama-sama.  

  • Panitia dalam acara perlombaan
      Kegiatan karang taruna yang lain yaitu mengadakan perlombaan dalam perayaan apapun. salah satu contoh yaitu mengadakan lomba melukis dengan tema yang bernuansa pelestarian lingkungan.
      Dalam lomba ini para karangtaruna menjadi panitia dan banyak anak-anak terlibat dalam perbuatan moral yang positif ini. Tujuannya yaitu untuk mengaktifkan kembali tali silaturahmi antar warga,dan kekompakan masyarakat. Dan masih banyak kegiatan lain yang dapat diikuti.

     Setiap kegiatan karang taruna juga memiliki kelebihan dan kekurangan apa itu arti bersosial yang terjun langsung ke masyarakat. Inilah kelebihan dan kekurangan karang taruna.
  • Kelebihan yang dimiliki karang taruna:
  1. Menjadi pemuda yang aktif dan progresif
  2. Dapat mengakrabkan hubungan sosial antar pemuda
  3. Mensukseskan program pemberdayaan masyarakat serta upaya-upaya strategis untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran pemuda.
  • Kekurangan yang dimiliki karang taruna:
  1. Kurangnya kesadaran para pemuda untuk terus memahami dan membudidayakan organisasi ini dimata sosial.
  2. Masih kalah dengan kegiatan para orang tua.

1 komentar:

  1. Bgus bgt blog ya..semoga saya bisa jadi ketua karang taruna yg baik

Posting Komentar