twitter


Pengertian Organisasi
Pemahaman Dasar Organisasi


     Arti dari organisasi dapat kita ketahui informasi manapun juga,di bawah ini adalah beberapa arti dari organisasi yang bisa saya dapatkan.Ada beberapa pengertian tentang Organisasi menurut buku yang saya baca,yaitu:
  •  Menurut W.J.S Poerwadaminta,organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur. 
  • Menurut Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani,organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jeas, dan prosedur pergantian anggota.
     Pengertian Organisasi menurut berbagai  artikel http://organisasi.org/pengertian_definisi_dan_arti_organisasi_organisasi_formal_dan_informal_belajar_online_lewat_internet_ilmu_manajemen yaitu :
  • Organisasi menurut Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manager mengejar tujuan bersama.
  • Organisasi menurut James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Organisasi menurut Chester I. Bernard adalah suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih. 
  • Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Baik penggunaan dalam kehidupan sehari-hari maupun ilmiah, dan istilah ini banyak digunakan dengan berbagai banyak cara.( http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi)
  • Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing yang bekerja sama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama. Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak untuk bersama-sama saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota maupun pengurus organisasi yang berwenang.(http://buletinlitbang.dephan.go.id/index.asp?vnomor=18&mnorutisi=9)
     Selanjutnya teori organisasi menurut artikel (http://defickry.wordpress.com/2007/09/13/manajemen-konflik-dalam-organisasi/)  yaitu:
  • Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan bertanggung jawab (schein). Karakteristik organisasi menurut schein meliputi : struktur,tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoodinasikan aktivitas di dalamnya.
  • Organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu (Kochler).
    Demikian yang dapat saya posting di blog ini,semoga dapat membantu :)).



0 komentar:

Posting Komentar