twitter




     Kelapa dari sejak jaman dahulu dikenal dengan pohon serba guna, hampir dari keseluruh bagiannya dapat dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan hidupnya. Diantaranya adalah:
  1. Batang kelapa. Batang dari pohon kelapa dapat dijadikan sebagai kayu dengan kualitas menengah yang dapat digunakan sebagai papan untuk rumah , perabotan rumah tangga.
  2. Daun kelapa. Daun dari kelapa dapat dijadikan sebagai atap rumah sederhana  setelah dikeringkan, daunnya yang masih muda dapat digunakan sebagai pembuat anyaman seperti janur,  ketupat, ranjang,  kipas, tas tangan bahkan sandal dan tangkai daunnya yang dibuat sapu lidi. 
  3. Tandan buah kelapa. Tandan buah ini disebut dengan mayang biasanya digunakan orang sebagai hiasan dalam upacara pernikahan bunga betinanya dapat juga dimakan langsung.
  4. Cairan manis yang keluar dari tangkai disebut nira kelapa dapat diminum langsung sebagai penyegar dan dapat pula difrementasikan menjadi tuak.
  5. Buah kelapa. Bagian ini adalah bagian yang memiliki nilai ekonomi yang paling tinggi. bagian sabut kelapanya dapat dijual sebagai bahan untuk pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, bahan bakar serta sebagai media tanam untuk tanaman anggrek. Tempurung atau batok kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan tangan, sebagai bahan bakar atau arang aktif.
  6. Cairan endosperma yang melekat pada daging buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai minuman penyegar karena banyak mengandung enzim yang memiliki manfaat sebagai penetral racun.
  7. Daging buah kelapa. Daging buah kelapa yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat es kelapa muda, daging buah yang  sudah tua dan mengeras dapat diparut  dan diambil sarinya yang bernama santan sebagai bahan pembuat kue, sayur dan lainnya. Daging buah kelapa yang sudah tua ini juga dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan untuk dijadikan kopra dan dapat dijual dengan nilai tinggi untuk dimanfaatkan  sebagai bahan pembuat minyak kelapa.
  8. Air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai minuman isotonik alami karena banyak mengandung ion yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti demam, keracunan dan panas dalam. Didalam air kelapa terkandung gula, serat, protein, antioksidan, vitamin dam mineral. Air kelapa juga sangat ampuh untuk mengobati mabuk dalam perjalanan, air kelapa dapat juga dijadikan sebagai bahan pembuat kecap dan bahan pembuatan sari kelapa atau nata de coco.
  9. Minyak kelapa. Sejak jaman dahulu minyak dari buah kelapa telah dikenal sebagai bahan penyembuh, minyak dari buah kelapa dapat diminum untuk program diet, dan dapat dioleskan ke rambut untuk mendapatkan rambut hitam dan berkilau.

1 komentar:

  1. makasih ya atas share buah kelapa sangat bermanfaat sekali

Posting Komentar