twitter


Ruangan Yang Terlalu Tenang Bisa kacaukan Otak


     Ruangan hening tidak selalu menyenangkan, apalagi jika terlalu senyap sampai-sampai denyut jantung sendiri bisa didengar. Di ruangan dengan tingkat keheningan 99.99 % , manusia hanya bisa bertahan 45 menit sebelum otaknya kacau.
     Sebuah ruangan yang di klaim paling senyap di dunia versi Guiness World Record, bisa di temukan di Orfield Laboratories, Soulth Minneapolis. Ruangan dengan tingkat keheningan 99.99 % ini bisa membuat otak siapapun jadi kacau dan berhalusinasi saat berada di dalamnya.
     Untuk membuatnya kedap suara, ruangan ini dilapisi serat kaca super tebal dengan desain akustik khusus yang bisa mencegah pantulan suara. Selain itu, dindingnya juga terbuat dari beton setebal 30 cm yang masih dilapisi lagi dengan lempengan baja.
     Pemiliknya, Steven Orfield baru-baru ini menantang siapapun yang berani masuk ke dalamnya. Ia bertaruh, siapapun yang masuk pasti tidak betah lama-lama karena otaknya akan kacau dan mulai berhalusinasi ketika tidak bisa mendengar suara lain selain suaranya sendiri.
     "Ketika berada di dalam ruangan yang tanpa pantulan bunyi sedikitpun, maka anda akan menjadi satu-satunya sumber suara dan itu adalah pengalaman yang sangat memicu disorientasi", kata Orfield seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (5/4/2012).
     Seorang reporter Dailymail menerima tantangan Orfield, namun dilaporkan dia hanya mampu bertahan selama 45 menit. Selama didalam, ia bisa mendengarkan denyut jantungnya sendiri, bahkan suara paru-paru dan perutnya yang terus bergerak sepanjang waktu.
     Menurut Orfield, seseorang di wajibkan duduk di ruangan tersebut. Salah satu sumber suara yang paling memicu disorientasi adalah langkah kaki, yang jika terdengar dengan sangat intens secara terus menerus akan mengacaukan pusat keseimbangan otak.
     Orfield menambahkan, Ruangan semacam ini biasanya dipakai untuk mengukur daya tahan para astronot berada di ruangan hampa sebelum mulai berhalusinasi. Ruangan hampa suara juga dipakai untuk mesin motor besar seperti Herley Davidson untuk menyetel raungan mesin yang paling nyaman di telinga.


0 komentar:

Posting Komentar