twitter




     Berbuat baik untuk mencintai dan melindungi bumi harus dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana.Salah satunya adalah dengan bijak pada saat belajar.
     Soalnya, sadar atau tidak banyak hal yang kita korbankan saat belajar. Contohnya, mulai dari pemakaian kertas yang hingga listrik atau lampu yang tidak bijak.



     Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita lakukan saat belajar agar tergolong bijak untuk mencintai bumi :

  • Potong kertas bekas menjadi empat bagian dan jadikan sebagai notes sederhana.Lumayan bisa digunakan sebagai catatan sederhana, contohnya:  mencatat daftar things-to-do, menghitung rumus, coret-coretan ataupun catatan-catatan lainnya.
  • Selesai menggunakan komputer atau laptop, jangan lupa untuk mematikannya, jangan meninggalkan dalam posisi stand by (hibernating, sleep, atau yang lainnya). Karena pada saat ini, masih ada energi yang terbuang sia-sia. Kalau kita menggunakan komputer atau laptop seharian, mininal matikan layar monitor saat kita akan meninggakannya. Selain banyak memakan listrik, radiasi yang dipancarkan dari layar monitor juga tidak bagus buat kesehatan kita.
  • Saat belajar, sebaiknya pakai saja lampu belajar kita dan matikan lampu kamar lain yang tidak dipakai. Selain lebih fokus saat menyinari buku atau kertas yang dibaca, lampu jenis ini juga lebih hemat energi.
  • Berdayakan USB (flasdisk) kesayangan kita untuk menyimpan tugas-tugas atau dokumen presentasi kita.Setiap saat kita memerlukan data-data itu tinggal membuka di komputer. So, kita lebih bisa hemat kertas karena tidak perlu ngeprint data-datanya.
  • Zaman internet yang sudah canggih seperti ini, bisa kita manfaatkan, misalnya pakai e-mail atau chatting untuk kerja kelompok. Dari pada bikin polusi dengan ketemuan di suatu tempat. Atau gunakan e-book untuk mencari bahan-bahan tugas kita.
  • Isi uang tinta /  printer, kita jangan buang ink cartridge-nya. Pasalnya cartridge yang terbuang tinta yang tersisa bisa mencemari air dan kemasannya sulit terurai di dalam tanah. 



0 komentar:

Posting Komentar