twitter



     Cegukan sangat membuat kita tidak nyaman, apalagi kalau cegukan berlangsung sangat lama dan terus menerus. Untuk mencegahnya dapat mengkonsumsi makanan tertentu.
     Cegukan secara medis dikenal sebagai Singultus, yakni kondisi diafragma yang mengejang diluar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah yang merosot terlalu rendah.
     Selain itu,gas racun,merokok, makanan dan minuman yang pedas juga terkadang menjadi pemicu cegukan. Begitu juga dengan makan-makanan yang dingin sambil menyantap makanan yang panas.
     Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan bahwa anda makan atau minum terlalu banyak. Para Ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah anda tersedak makanan atau minuman.
     Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motorik ke diafragma yang membantu mengendalikan proses pernapasan. 
     Stress atau marah yang tinggi juga memicu akan cegukan. Bisa juga pertanda di telinga anda terdapat benda asing. Cegukan yang panjang bisa membuat seseorang pingsan yang disebabkan oleh masalah irama jantungnya. Selain itu,sepertiga pasien kemoterapi juga mengeluh cegukan terus menerus.
     
    Berikut terdapat beberapa makanan yang membantu mengatasi cegukan:

  •  GULA

     Menelan satu sendok gula pasir kering, dapat membantu menyembuhkan cegukan. Hal ini bekerja karena menelan bubuk butiran gula yang lengket akan mengubah irama pernapasan, sehingga dapat menghentikan cegukan. Cegukan juga akan berhenti karena ada sensasi manis yang dirasakan di ujung syaraf di mulut, terutama pada bagian belakang lidah yang peka terhadap rasa asam.

  •  SELAI KACANG
    
      Satu sendok selai kacang juga dapat membantu menyembuhkan cegukan. Alasannya sama, karena selai kacang yang begitu lengket sehingga bisa mengubah irama napas.










  • AIR PUTIH
    

      Cukup minum segelas air putih dapat menghentikan cegukan. Menelan air juga mengganggu siklus cegukan dan menenangkan saraf. Berkumur dengan air juga dapat menyembuhkan cegukan.











  • JERUK  NIPIS
   
     Mengunyah seiris lemon segar atau jeruk nipis dapat mengganggu pola impuls saraf vagus, yang dapat menghentikan cegukan. Selain mengunyah, variasi juga dapat dilakukan pada jeruk nipis, seperti menghisap asinan seiris asinan jeruk nipis atau memakannya.









0 komentar:

Posting Komentar