twitter



     Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata potensial. Di beberapa lokasi wisata tersebut menyimpan berjuta keindahan di kota yang berada di balik pegunungan tersebut. Setiap hari libur banyak sekali pengunjung dari luar Pacitan yang datang ke tempat wisata tersebut. Bahkan hari-hari  biasa pun banyak yang datang ke tempat pariwisata di Pacitan. Itulah keistimewaan Kota Pacitan, walaupun kotanya kecil tapi sungguh terkenal hingga Pacitan dekenal dengan sebutan Pacitan Seribu Satu Goa
     Beberapa obyek wisata di kota Pacitan antara lain :
     Pantai TelengRia menghadap ke Pantai Selatan dengan hamparan pasir putih dengan sepanjang 3 km. Jarak dari Ibu Kota Pacitan ke lokasi wisata hanya 3,5 km, dan dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai jenis kendaraan. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata tersebut antara lain gardu pandang, kolam renang, tempat penginapan Guna Bongo Budoyo, area berkemah, area pemancingan ikan, dan Dermaga. 
     Pantai Srau berada di Desa Candi,Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan,Jawa Timur. Letaknya sekitar 25 km ke arah barat dari Kota Pacitan. Untuk menuju tempat wisata ini dapat dicapai dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Baik kendaraan beroda 2 maupun roda 4. 
     Pantai ini berpasir putih dan cocok untuk memancing, Sunbathing, renang, dan lain-lain. Banyak sekali pengunjung yang datang berwisata kesini untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan ombak yang besar ini. Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang telah di sediakan oleh pengelola. Disepanjang pantai ada banyak batu warna warni yang bersinar.
     Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 km ke arah barat Kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul diantara celah batu karang dan semburan ombak.
     Disamping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat dan dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.
     Goa gong ini terletak 30 km ke arah barat dari Kota Pacitan tepatnya di Desa Bromo,Kecamatan Punung, dan dapat dengan mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. 
     Goa Gong dengan Stalagtit dan Stalagmit yang konon terindah se Asia Tenggara ini mempunyai kedalaman kurang lebih 256 meter. Selain itu juga mempunyai 5 Sendang, yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Ralung Nisto yang konon mempunyai nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. 
      Keindahan Stalagtit dan Stalagmitnya sangat memukau di abadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin,dan Selo Susuh Angin.

     Goa Tabuhan ini sangat dikenal dengan keindahan Stalagtit dan Stalagmitnya pesinden atau waranggono. Dengan keunikannya tersebut, Goa ini telah dikenal luas, hingga saat ini pun juga masih sangat dinikmati para wisatawan domestik maupun manca negara dan Para Seniman untuk ajang pentas seni. 
     Goa ini terletak di Dea Wareng, Kecamatan Punung dan kurang lebih 40 km ke arah barat dari Ibukota Pacitan. Di sepanjang jalan gardu pintu nasuk ke Goa banyak sekali orang yang menjual Souvenir Batu Akik atau Mulia yang sangat unik dan bagus-bagus yang dapat di beli para pengunjung sebagai buah tangan. 
     Pemandian air hangat yang masih menyimpan berbagai khasiat dan manfaat utamanya bagi Kesehatan dan Kebugaran tubuh karena banyak mengandung belerang dan di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 
      Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Arjosari,dan kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Pacitan. Dapat ditempuh dengan berbagai macam kendaraan yang beroda 4 maupun beroda 2. 

    Pantai Watukarung adalah Nirwana. Pesona keindahan pantainya sangat luar biasa dengan pulau-pulau karang,air laut biru kehijauan,pantai bersih dengan pasir putih yang lembut serta dengan 2 surf sports yang menawarkan  barrel serta ombak kelas dunia.
     Dibalik keindahannya Pantai ini memiliki ombak yang luar biasa. Dengan tipe reefbreak dan dasar laut berupa batu karang, pada saat tertentu pantai ini bisa menghasilkan barrel yang membuat surfer serasa berada di surga. 

     Pantai Wawaran ini terletak di Kecamatan Kebonagung yang berada di garis pantai selatan diantara kecamatan-kecamatan yang lainnya di kota Pacitan. Pantai ini selain memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar juga memiliki produktifias tinggi menghasilkan ikan-ikan yang berkualitas tinggi. 
     Pantai ini juga memiliki pasir putih dan hamparan Hutan Bakau dan Pohon Nyiur di sepanjang pantainya yang melengkapi keindahan di kecamatan Kebonagung. 
     Gelombang yang menerjang karang di setiap saat di salah satu tebing terjalnya, melengkapi keindahan Pantai Wawaran. Lautnya yang dalam dan berwarna biru, tidak jauh dari pinggir pantai tampak di bawah bongkahan batu karang yang timbul dan tenggelam di permainkan oleh ombak khas pantai selatan.
     
Kalau lagi jalan-jalan ke Pulau Selatan Jawa, jangan lupa mampir di Kota Pacitan yaa,, 
Kota Seribu Satu Goa,,
Pacitan Kotaku,Kucinta Pacitanku... :)

0 komentar:

Posting Komentar