Proses Mempengaruhi Dan Proses Pengambilan Keputusan
- Proses Mempengaruhi Organisasi
Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung yang mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
Elemen-elemen yang mempengaruhi:
a. Orang yang mempengaruhi
b. Metode yang mempengaruhi
c. Orang yang dipengaruhi.
Metode mempengaruhi:
a. Kekuatan fisik
b. Penggunaan sanksi
c. Keahlian
d. Kharisma
Daerah Mempengaruh:
a. Antara pereorangan
b. Kelompok dengan seseorang
c. Seseorang dengan kelompok
Hubungan antara kekuasaan dan pengaruh:
a. Analisis French-Raven
b. Anilisis Etzioni
c. Anialisis Nisbel
- Proses Pengambilan Keputusan
Proses pengambilan keputusan dalam organisasi adalah kumpulan yang terdiri dari beberapa orang untuk mencapai tujuan yang sama di dalam organisasi rentan terjadinya selisih pendapat begitu juga dengan pengambilan keputusan menentukan sikap, dapat di artikan cara organisasi dalam pengambilan keputusan.
Terdapat 4 metode bagaimana cara organisasi dalam pengambilan keputusan:
a. Kewenangan tanpa diskusi
b. Pendapat ahli
c. Kewenangan setelah diskusi
d. Kesepakatan
Konsep pengambilan keputusan:
a. Tetapkan masalah
b. Identifikasi dan diagnosis masalah
c. Pengumpulan dan analisis data yang relevan
d. Pengembangan dan evaluasi alternatif
e. Pemilihan alternatif terbaik
f. Implementasi keputusan dan evaluasi terhadap hasil-hasil.
Tipe-tipe keputusan manajemen:
a. Keputusan perseorangan dan strategi
b. Keputusan pribadi dan strategi
c. Keputusan dasar dan rutin
Model-model pengambilan keputusan:
a. Relationalitas keputusan
b. Model perilaku pengambilan keputusan
Teknik pengambilan keputusan:
a. Teknik kreatif : brainstorming & synectic
b. Teknik partisipatif
c. Teknik pengambilan keputusan modern
Pengambilan keputusan dilakukan oleh seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasional pemecahan masalah.