twitter


Deskripsikan  Jenis Organisasi Berdasarkan Tujuannya !


     Organisasi adalah susunan dan aturan perserikatan dari berbagai kelompok manusia sehingga merupakan kesatuan teratur yang memiliki tujuan yang sama. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah,ini digunakan dengan banyak cara.
     Berikut ini adalah jenis-jenis organisasi berdasarkan tujuannya yang saya ketahui :
  • Organisasi produksi, misalnya organisasi produk makanan
  • Organisasi berorientasi, misalnya partai politik
  • Organisasi yang bersifat integratif, misalnya serikat kerja
  • Organisasi pemeliharaan, misalnya organisasi peduli lingkungan, dan lain-lain.
    Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan ekstensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Karena sebuah organisasi yang baik adalah organisasi yang diakui keberadaannya oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. Keberadaannya  ini tentunya berupa suatu kontribusi yang diberikan sebuah organisasi. 
     Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua yang terkait baik itu secara langsung maupun tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif individu dapat berpartisipasi dengan organisasi yang bersangkutan. Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat di artikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.
    
Jelaskan Tujuan Organisasi Tersebut Dan Manfaatnya?

  • Organisasi produksi adalah transformasi masukan atau sumberdaya menjadi keluaran barang dan jasa yang mempunyai nilai tambah. Masukan adalah sumber daya yang digunakan dalam produksi barang san jasa. Masukan dapat berupa masukan tetap dan masukan berubah. Produksi total adalah jumlah seluruh keluaran yang dapat dihasilkan dengan mengubah sejumlah masukan berubah dan masukan tetap.Produksi rata-rata adalah jumlah produksi rata-rata untuk penggunaan satu unit masukan. Produksi imbuh adalah tambahan produk total sebagai hasil dari penambahan satu unit masukan berubah. 
  • Organisasi berorientasi adalah organisasi yang dibagi menjadi berbagai macam bentuk yang mempunyai penjelasan yang berbeda. diantaranya yaitu: 
  1. Organisasi yang berorientasi kekuasaan, misalnya organisasi kerajaan absolut, organisasi perdagangan model lama. 
  2. Organisasi yang berorientasi kepada peran yaitu dibuat aturan-aturan,prosedur dengan birokrasi, petunjuk yang harus dilaksanakan seperti organisasi pemerintahan saat ini.
  3. Organisasi berorientasi pada tugas, seperti organisasi bisnis yang berorientasi teknologi yang cepat berubah. Setiap anggota organisasi di tuntut untuk ahli dalam bidang tugasnya dan bekerja sesuai keahliannya secara bebas terkendali.
  4. Organisasi yang berorientasi kepada orang,maksudnya yaitu organisasi sosial yang melayani kebutuhan anggotanya saja.
  • Organisasi yang bersifat integratif adalah organisasi yang melakukan aktivitas guna memberikan sosial kepada masyarakat. 
  • Organisasi pemeliharaan adalah organisasi yang melakukan aktivitas memelihara kebudayaan,pendidikan dan kesenian.

Buatlah Struktur Organisasi Berdasarkan Type nya? 

     Ada beberapa jenis struktur organisasi dan perusahaan harus memilih mana yang terbaik sesuai ddengan kebutuhannya. Jenis-jenisnya diantara lain yaitu:
  1. Struktur Tradisional yaitu fungsi divisi dan departemen. Ini adalah jenis struktur yang mengikuti aturan dan prosedur organisasi. Di cirikan dengan memberikan garis otoritas yang jelas di seluruh level manajemen. 
  2. Struktur Lini adalah jenis struktur yang memiliki lini perintah yang sangat spesifik. Persetujuan dan perintah dari jenis struktur ini berasal dari atas ke lini bawah. Struktur ini sesuai untuk organisasi yang kecil seperti kantor acounting atau kantor hukum. Jenis struktur seperti ini memudahkan pengambilan keputusan, dan bersifat informatif. Mereka memiliki departemen yang lebih sedikit,yang membuat seluruh organisasi sangat desentralisasi.
  3. Struktur Lini Dan Staff yaitu dimana struktur lini dan staff memainkan perannya. Lini dan struktur menggabungkan struktur lini dimana informasi dan persetujuan berasal dari atas ke bawah., dengan dukungan dan spesialisasi staff departemen. Struktur organisasi ini proses pengambilan keputusan menjadi lebih lambat karena lapisan dan panduan yang tipikal,dan jangan melupakan formalitas didalamnya.
  4. Struktur Fungsional yaitu jenis struktur organisasi ini mengelompokkan orang berdasarkan fungsi yang mereka lakukan dalam kehidupan profesional atau menurut fungsi yang dilakukan dalam organisasi. Bagan organisasi untuk organisasi berbasis fungsional terdiri dari Vice President,Sales Departemen, dll.
  5. Struktur Matrix yaitu yang menggabungkan struktur fungsi dan produk. Kedua gabungan ini merupakan gabungan terbaik untuk membuat organisasi yang efisien. Ini adalah struktur organisasi yang paling kompleks. 
  6. Struktur Divisional yaitu jenis struktur yang berdasarkan divisi yang berbeda dalam organisasi. Struktur ini dibagi menjadi:
  • Struktur produk adalah sebuah produk berdasarkan pada pengelolaan karyawan dan kerja berdasarkan jenis produk yang berbeda.
  • Struktur Pasar digunakan untuk mengelompokkan karyawan berdasarkan pasar tertentu yang dituju oleh perusahaan. Sebuah perusahaan bisa memiliki 3 pangsa pasar yang digunakan dan berdasarkan struktur ini, maka akan membedakan divisi dalam struktur.
  • Struktur Geografis adalah organisasi besar memiliki kantor di tempat yang berbeda, misalnya mengikuti zona wilayah, Seperti  ada di zona utara,selatan, barat dan timur.

     Demikian data yang dapat saya postingkan mengenai Jenis organisasi berdasarkan tujuannya beserta struktur-struktur organisasinya. Semoga dapat membantu dan terimakasih :)).



0 komentar:

Posting Komentar