twitter




Belajar bersyukur meski tak cukup..
Belajar  ikhlas mesti tak rela..
Belajar taat meski berat..
Belajar setia meski tergoda..
Belajar percaya meskipun susah..
Belajar memahami meski tak sehati..
Belajar tenang meski gelisah..
Belajar memberi meski tak seberapa..
Belajar sabar meski terbebani..
Belajar menyayangi meski tersakiti..
     Belajar dan terus belajar..
     Maka dari itu tetaplah belajar berada dijalan yang benar..
     Belajar lebih baik untuk menjadi yang terbaik.

      Menjadi orang sukses merupakan tujuan para pelajar. Bukan hal yang sulit dalam menggapai kesuksesan. Dengan niat dan terus belajar yang diimbangi dengan keyakinan,pasti kita dapa merih cita-cita tersebut.
      Hal ini yang memicu para pelajar untuk selalu belajar dengan giat agar tercapai kesuksesannya. Tapi bukan hal yang mudah agar selalu giat belajar. Karena mungkin pada setiap belajar ada yang kesusahan dan kebosanan dalam mempelajari suatu ilmu.
      Membahas tentang belajar, ada trik -trik jitu nih kawan untuk mengatasi masalah dalam belajar. Diantaranya yaitu:


  • OPTIMIS

     Optimis akan membuat anda lebih semangat belajar.  Berusahalah optimis dalam menggapai cita-cita. Hal ini menjadi dasar agar anda giat belajar dan selalu berfikir positif. Karena dengan giat belajar dan selalu berfikir positif kita akan mudah mengingat pelajaran yang kita pelajari.


  • FOKUS

     Selalu fokus dalam belajar menjadikan penyemangat sendiri untuk menggapai suatu kesuksesan. Karena dengan fokus akan membuat anda merasa nyaman, mudah dan selalu berkonsentrasi dalam belajar. Dan anda tidak akan merasa kesulitan dalam proses belajar.


  • BUAT KELOMPOK BELAJAR

     Kalau lagi bosan sendiri bisa belajar bareng teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, cukup 4-5 orang saja. Suasana seperti ini biasanya seru dan kita jamin bakalan susah untuk mengantuk.


  •  BANGUN SUASANA BELAJAR YANG NYAMAN
     Banyak hal yang membuat suasana belajar kita menjadi nyaman, misalnya belajar sambil mendengarkan music. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa disesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras rumah atau di tempat yang lain,asalkan aktivitas belajar kita jangan sampai mengganggu atau terganggu oleh pihak lain.

   

  •  MEMBUAT CACATAN

     Tinggalkan cacatan pelajaran dari Guru atau buku yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari pelajaran yang sudah di baca ulang atau di bacakan. Kata-kata kunci inilah yang nantinya berguna untuk mengulang pelajaran saat kita akan menghadapi ujian.


  • PILIH WAKTU BELAJAR YANG TEPAT

    Waktu belajar yang paling enak adalah saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang mempunyai waktu belajar yang enak lho, tapi biasanya pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR).




  • MEMBACA ADALAH KUNCI BELAJAR

     Supaya kita bisa paham, minimal baca materi baru dua kali dalam sehari yakni materi sebelum dan sesudah materi itu dijelaskan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.


  • MENGEMBANGKAN MATERI YANG SUDAH DIPELAJARI

     Kalau kita sudah mengulang semua dan menjawab semua pertanyaan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berfikir kritis ala ilmuwan. Buat beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal tadi, dan minta tolong guru untuk menjawabnya. kalau belum puas cari lagi pada buku referensi atau internet. Cara ini akan mengajak kita untuk terus berfikir ke depan dan kritis.


  • SEDIAKAN WAKTU UNTUK BERISTIRAHAT \ REKREASI

     Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk beristirahat. Kalau di kelas setiap jeda pelajaran digunakan untuk melemaskan badan atau pikiran. Setiap 40-50 menit waktu belajar kita dirumah selalu diselingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk,percuma saja kita memaksakan diri. Karena bisa membuat kita jadi stress. Setelah istirahat badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
     Nah, kawan.. Semoga tips dan trik ini berguna untuk semua yaa.. Agar cita-cita kita tercapai,harus semangat dalam belajar. SEMANGAT,,!! :))





0 komentar:

Posting Komentar